CATATAN SAFETY PENGAJAR TENTARA LANGIT II (SELAMAT JALAN BANG…)

Kelompok Pelatihan (Kopel) penaikan bendera Akademi Angkatan Udara telah mengikat hubungan saya dengan beliau. Kelompok nomer sembilan, Sermatar Ali Mustofa (alm) adalah salah satu kakak asuh dalam pelatihan tersebut. Putra asli Tuban kelahiran Mei 1979, saat ini telah pergi meninggalkan kita dengan senyuman untuk selama-lamanya menuju kehidupan yang abadi dan hakiki dengan pangkat terakhir Kapten Penerbang.

Selalu tampil dengan kesederhanaan, bertutur kata halus dan sopan dan ahli ibadah adalah ciri khas beliau. Saya rasa baik senior, junior maupun rekan-rekan beliau setuju dengan apa yang saya rasakan terhadap beliau. “Selama apapun itu niatnya karena untuk ibadah kepada Allah, jangan pernah takut melakukan kebenaran dan dengan luasnya ilmu Allah jangan takut untuk berbuat kesalahan menuju kebaikan”, demikian nasihat beliau yang jelas masih terngiang di telinga saya.

Menghargai manusia siapa pun itu adalah salah satu karakter beliau semasa hidupnya. Empat bulan lalu sebelum saya berangkat sekolah, sempat dua kali dalam satu cockpit bersama beliau dalam misi Sekolah Instruktur Penerbang dan betapa beliau dengan sangat hormat menghargai saya sebagai Pilot in Command sehingga semakin membuat saya sepenuh hati untuk berbagi apapun yang saya mampu.

Allah telah menetapkan jalan beliau, Jumat, 6 Januari 2012 dengan pesawat Charlie tail number LD 3417 beliau telah terbang tinggi dan tanpa pernah kembali di tengah-tengah kita semua. Hanya menyisakan sebuah senyuman penuh arti di jumat pagi sebelum saat saya terbang ke kota Solo untuk mengajar di Sekolah Penerbang Angkatan 83, sebuah senyuman tanpa kata-kata dan tak akan pernah dapat bertemu kembali, seakan hendak berkata “tiada manusia yang berumur pendek, yang ada adalah manusia hidup di dunia untuk mempersiapkan diri di kehidupan yang amat panjang. Subhanallah, di hari jumat, diawali dengan Dhuha beliau pergi, sebuah logika mengatakan bahwa dengan kondisi pesawat hancur menandakan impact yang cukup kuat, akan tetapi tubuh beliau utuh, lengkap dan tak tampak luka luar, Wallahualam, InsyaAllah dengan niat yang tulus saya mendoakan beliau pergi sebagai Syuhada, sebagai pasukan langit, sebagai serdadu Allah.

Selamat Jalan Bang…

Wassalam,

SevenEleven

3 thoughts on “CATATAN SAFETY PENGAJAR TENTARA LANGIT II (SELAMAT JALAN BANG…)

  1. 153. Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu[99], Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.
    154. Dan janganlah kamu mengatakan terhadap orang-orang yang gugur di jalan Allah, (bahwa mereka itu ) mati; bahkan (sebenarnya) mereka itu hidup[100], tetapi kamu tidak menyadarinya.
    155. Dan sungguh akan kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.
    156. (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: “Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun”[101].
    157. Mereka Itulah yang mendapat keberkatan yang Sempurna dan rahmat dari Tuhan mereka dan mereka Itulah orang-orang yang mendapat petunjuk.

    Al Baqarah ( Ayat 153 – 157 )

  2. semua sudah ditakdirkan oleh Allah, dan kita hanyalah boneka2 yang diberi sedikit keistimewaan dengan kehendak dan akal dibanding boneka lain. hanya ada satu jalan yang hakiki, yakni jalan menuju Tuhan, dan smua akan mengarah pada jalan ini…Maha Kuasa dan Maha Suci Allah SWT, yang menguasai segala-galanya. Maha Besar dan Maha Esa Allah SWT yang denganNya “ada” tanpa ada yang menjadikanNya “ada”, tetapi dengan “adaNya” telah mengadakan hal-hal lainnya. dan semua yang berawal dariNya akan kembali kepadaNya. Inna Lillaahi wa Inna ilaihi rooji’uun. selamat jalan dan semoga diberikan ketabahan kepada yang ditinggalkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s