Kerjasama Pertahanan Indonesia Dan Inggris

Indonesia dan Inggris telah menandatangani perjanjian kerjasama kedua negara dalam rangka meningkatkan kolaborasi industri dan perdagangan dibidang pertahanan. MOU tersebut ditanda tangani di London pada tanggal 1 November 2012 oleh Menteri Pertahanan kedua Negara Mr. Philip H beserta Bapak Purnomo Yusgiantoro sekaligus dalam acara kunjungan Presiden RI Bapak Susilo Bambang Yudhoyono di Inggris.

Juru bicara Perdana Menteri Inggris David Cameron menerangkan bahwa MOU pertahanan tersebut membahas tentang “rencana untuk meningkatkan kerja sama dalam riset dan pengembangan; investasi dan produksi dalam industri pertahanan”. Bentuk kerjasama yang memungkinkan adalah ekspor persenjataan dari Inggris yang kemudian dilanjutkan proses produksi di Indonesia.

Selain itu, dalam kunjungan kenegaraan tersebut, Bapak Presiden RI juga menandatangani perjanjian kerjasama dalam bidang ekonomi, energi dan pendidikan serta diadakan kontrak sebesar USD 12 billion untuk mengembangkan produksi gas alam di Indonesia. Harapannya kerjasama tersebut segera dapat terealisasi pada tahun 2015 mendatang. Inggris menilai Indonesia sebagai mitra dagang yang besar dimana pada tahun 2010 keberhasilan kerjasama dagang kedua negara mencapai angka USD 2,8 billion, selain Indonesia juga dinilai memiliki pertumbuhan pasar dunia pada peringkat 17 dunia sehingga Inggris sangat mendukung kerjasama tersebut.

Ditulis oleh: Jon Grevatt, Bangkok

Dipublikasi oleh: Jane’s Defence Industry 2012

Diterjemahkan oleh: SevenEleven

4 thoughts on “Kerjasama Pertahanan Indonesia Dan Inggris

  1. Kita hrs mengambil untung dlm kerja sama dg negara Inggris, pengalaman terdahulu membuat porak poranda militer kita dan kita hrs mendapatkan ToT nya. Jangan kita bisnis tanpa mendapatkan teknologi tinggi. Slamat bekerja sama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s