Dengan Kebanggaan Kami Kembali Menjaga Langit Nusantara

Istirahat yang cukup panjang semenjak terjadinya kecelakaan pesawat Hawk 209 milik TNI AU yang dioperasikan oleh Skadron Udara 12 menyebabkan beberapa “jockey” penempur taktis tersebut wajib untuk melaksanakan program refreshing  mengingat telah lebih dari 1,5 bulan temporary stop flying. Program yang dilaksanakan di home base  tersebut menggunakan dua buah pesawat Hawk 109 versi tandem . Menyesuaikan dengan kualifikasi yang dimiliki tiap-tiap penerbang maka membutuhkan waktu tiga minggu dalam pelaksanaannya dikarenakan antrian menunggu urut kualifikasi. Seorang flight leader  membutuhkan dua sorti penerbangan, elemen leader melaksanakan empat sorti dan wingman butuh enam sorti hingga semua dinyatakan laik terbang dan layak operasi.

edit 5x2

Memang, tanpa bermaksud meninggikan mutu, sebelum kejadian kecelakaan TT 0212 Skadron Udara 12 bersama Skadron Udara 1 yang mengoperasikan armada Hawk series adalah ujung tombak TNI AU yang senantiasa membawa harum nama satuan maupun dalam setiap latihan bersama negara lain. Seperti kita ketahui, walaupun beberapa Skadron Udara memiliki kekuatan pesawat yang lebih canggih, namun karena kesiapan pesawat yang membutuhkan penghematan dan perawatan sehingga the hawk’ers  selalu menjadi andalan dan primadona dalam setiap latihan dan operasi. Tahun 2012 ini tercatat beberapa kegiatan seperti latihan setingkat satuan; setingkat kotama; maupun kegiatan seperti Bandung Airshow 2012 yang semuanya selalu mission accomplished  dengan hasil memukau siapa pun yang melihatnya.

Badge kebanggaan bersama

“Karena nila setitik maka rusak susu sebelanga”, demikian sebuah pepatah yang cukup dirasakan para penempur taktis macan hitam semenjak kejadian kecelakaan. Semua mata tertuju pada si “pesakitan”, namun ternyata ini bukan akhir dari segalanya, karena walaupun “nasi telah menjadi bubur”, akan tetapi bubur pun jika diberi bumbu yang proporsional kemudian diberi ayam goreng maka bubur tersebut tetap dapat menjadi sebuah makanan yang lezat. Betul sekali, bahwa segala yang baik akan tetap baik jika berniat baik. Walaupun telah melewati masa-masa yang cukup berat beberapa bulan yang lalu, ternyata semangat serta moril tempur para penerbang Skadron Udara 12 tetap dalam kondisi yang terjaga. Tidak ada yang luntur semangatnya untuk terus belajar dan berlatih dan terbukti dengan kembali “banjir pujian” saat kehadiran pucuk pimpinan TNI AU pada awal Desember dalam rangka peresmian Air Combat Manoevering Instrumentation (ACMI). Sebuah peralatan canggih penunjang latihan tempur udara ke udara yang sudah sejak 10 tahun terakhir tidak serviceable saat ini sudah dapat digunakan kembali. Dalam show singkat dalam bentuk real combat dapat dilihat langsung oleh peserta peresmian dengan gemuruh tepuk tangan ketika empat pesawat Hawk melaksanakan Air Combat Tactic dan ditonton secara live oleh semua peserta melalui sarana ACMI.

images (1)

Selain itu, kepercayaan pimpinan pun mulai kembali hadir ke tengah-tengah kami dengan dipercayakannya Skadron Udara 12 mengikuti latihan bersama dengan Negara Malaysia dengan callsign “Petir Malindo”. Melaksanakan geser pasukan menuju Pangkalan Aju Lanud Soewondo Medan dan kemudian akan melaksanakan latihan intersepsi terkoordinasi dengan Negara Jiran Tersebut. Dalam hal merubah segala sesuatu menjadi lebih baik maka “tiada yang tidak mungkin bagi kami”.

We Never Run Away From The Battlespace…With Pride..and..We return…

Salam

SevenEleven

2 thoughts on “Dengan Kebanggaan Kami Kembali Menjaga Langit Nusantara

  1. Hebaaaattt….walau sy tidak menjadi pilot, walau profesi saya bukan penerbang..tetapi sampai detik ini, jika di tanya apa cita2 saya? Saya akan menjawab ingin menjadi pilot pesawat tempur…walau hanya 1 hari.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s