Tahun Baru 2013

22.50,

Tepat waktu ditunjukkan ketika saya ketik awal coretan ini. Sambil mengingat-ingat beberapa kejadian yang telah lewat selama 12 bulan; 365 hari; 54 minggu; 8760 harii; 525600 menit; dan 31536000 detik nafas kehidupan telah terlewati baik itu secara sempurna ataupun sia-sia.

Pernahkah terbayang oleh kita hamba Sang Khalik yang bebas menghirup udara dariNya di dunia ini bahwa berapa banyak waktu terbuang dan berapa persenkah waktu tersebut berguna bagi kita maupun lingkungan sekitar kita? Jika rata-rata umur hidup manusia di muka bumi ini adalah 60 tahun, sedangkan dalam satu hari 24 jam kita membagi waktu 8 jam untuk istirahat/tidur sehingga sama artinya selama hidup 60 tahun rata-rata manusia menggunakan waktu 20 tahun untuk tidur; 8 jam untuk bekerja (20 tahun); 4 jam (10 tahun) untuk hang out menunggu  macet di jalan raya; dan 4 jam (10 tahun) untuk bermalas-malasan. Maka anda bisa perkirakan berapa pentingnya hidup anda di dunia yang fana ini untuk kemaslahatan lingkungan, teman dan keluarga anda.

Namun, hidup ini bukan sekedar hitungan matematika melainkan hidup sebagai hitungan seberapa indahnya sikap dan tingkah laku anda dalam pergaulan. Apakah baik yang anda lakukan sudah pasti baik menurut orang lain atau apakah yang anda anggap jelek pun disetujui jelek oleh orang sekitar dan ternyata seumur hidup hanya anda gunakan 20 tahun untuk berbuat yang menurut anda baik.

23.10,

Setiap yang baik jika dilakukan dengan baik serta dilengkapi dengan niat yang baik maka akan menghasilkan output yang baik pula. Saya berfikir tentang “menanti tahun baru”, menanti sesuatu yang sudah pasti datang karena waktu tetap berputar selama hayat dikandung badan. Jika saya tidur malam ini pun, dengan otomatis “tahun baru” tetap hadir ketika saya terjaga di subuh hari.

Tepat satu tahun yang lalu terhitung kalimat ini tertulis (23.15, 31 desember 2011), saya pun sedang merenung hal yang sama, tahun 2012 kah tahun yang akan membawa diri pribadi saya menjadi lebih baik? Dan bahkan ketika 2012 ini hampir habis saya tetap merasakan hal yang sama sekali tidak menjadi lebih baik kecuali niat baik yang tetap diangan-angan. 23.17, 31 Desember 2012 pun saya berfikir kembali tenang hal yang sama disertai satu pertanyaan,”apakah 31 Desember 2013 saya sedang berangan-angan tetap dengan sebuah niat baik ataukah niat baik tersebut sudah menjadi gagasan yang baik dalam kemasan berbentuk baik pula?”

8 jam dalam sehari untuk bekerja sebagai wujud berbuat sesuatu untuk bangsa dan negara. Jika saja 2 jam waktu hang out bisa saya tranformasikan kepada waktu yang lebih bermanfaat karena 2 jam tetap saya alokasikan untuk macet di jalan raya; serta 4 jam waktu untuk bermalas-malasan pun saya tiadakan, maka akan bertambah 20 tahun hidup saya lebih bermanfaat sepanjang usia ini. Tanpa mengurangi waktu istirahat, saya bisa gunakan 6 jam waktu untuk berbuat sesuatu sehingga semakin tidak ada penghalang bagi diri pribadi untuk berbuat lebih baik lagi di tahun-tahun yang akan datang.

prihatin

23.30,

Hiruk pikuk di setiap ujung kota dan desa semua bergembira dengan datangnya tahun 2013, namun perlu dingat bahwa umur kita bertambah dan durasi hidup telah berkurang.  Sebagian kelompok Hang Out di jalanan; muda-mudi berpacaran; atau keluarga yang asik nonton acara pilihan televisi. Akan lebih baik bagi bangsa ini jika bertausiah, berdoa dan mengingat Sang Khalik agar bangsa dijauhi dari segala bencana alam maupun bencana manusia.

23.35,

Menjadi pribadi lebih baik dari hari sebelumnya hukumnya adalah wajib dalam keyakinan agama manapun. Segala sesuatu yang sudah terjadi tidak perlu diulangi dari titik Nol, akan tetapi lanjutkan dengan perbuatan bukan sekedar ucapan “Talkless and Works in Hands”. 

23.47,

Saya berdoa kepada Sang Khalik agar kelak di tahun-tahun berikutnya selalu diberikan kemudahan dalam menghadapi kejahatan setan jin dan setan manusia. Diberikan berkah lahir dan dan bathin untuk keluarga dengan kesehatan jasmani dan jiwa raga.

Wallahu’alam

Salam

SevenEleven

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s