Pengetahuan Dasar Teknis Pertempuran Udara

Abstrak

Manuver dasar dalam pertempuran adalah sangat penting dalam menciptakan pertempuran udara bagi seorang penerbang tempur. Dalam maneuver dasar tempur pun diketahui dua buah kategori pertempuran, yakni: ofensif dan kontra ofensif. Ofensif maneuver dapat didefinisikan sebagai suatu cara yang dilakukan untuk mempertahankan ataupun mengambil keuntungan dari posisi taktis hingga berhasil membunuh musuh; sedangkan kontra ofensif dapat berarti sebuah upaya untuk melarikan diri atau menggagalkan serangan musuh, dimana kedua kategori tersebut sangat bergantung pada posisi dan energi relatif yang dimiliki dibandingkan terhadap posisi dan energi  yang dimiliki musuh.

Seorang penerbang tempur yang hebat bukanlah seorang yang mudah mempertaruhkan hidupnya hanya bergantung pada keberuntungan demi mencapai kemenangan, melainkan dalam setiap kontak dia harus benar-benar memahami performa pesawat sendiri dibandingkan miliki musuh; memiliki pengetahuan yang baik tentang turning performance dalam berbagai variasi kecepatan dan percepatan; serta menguasai pertempuran dengan dissimilar aircraft dengan memahami performa yang paling menguntungkan bagi dirinya terhadap lawan. Dalam tulisan ini penulis akan sedikit memberikan pengetahuan namun bukanlah sebuah taktik yang bertujuan dapat menjadi artikel yang menarik dibaca untuk segenap pecinta dunia penerbangan militer.

Angle Off  Versus Aspect Angle

Terdapat dua macam sudut pandang posisi pesawat terhadap pesawat lain, diantaranya adalah: angle off dan aspect angle. Berbicara tentang angle off biasa dipahami dengan sudut yang terbentuk dari posisi nose pesawat dengan pesawat lainnya. Dalam kata lain angle off dapat pula berarti sebuah perhitungan angular antara sumbu longitudinal  target terhadap nose section pesawat penyerang dihitung dari nose/tail section target. Sedangkan aspect angle adalah sebuah gambaran tentang posisi relatif dua buah pesawat dengan mengabaikan posisi nose section dimana langkah yang paling mudah dalam menentukan aspect angle adalah dengan menentukan terlebih dahulu dari pesawat yang mana terpilih untuk dihitung aspect angle-nya, kemudian dengan memperhatikan perbedaan ketinggian tentunya akan menambah variasi perhitungan aspect angle itu sendiri. Pada akhirnya dapat diketahui dua macam aspect angle, yaitu: horizontal aspect (berdasarkan sudut horizontal) dan vertical aspect (berdasarkan sudut vertical).

angle off

Energi Dan Kecepatan Udara

Bagi setiap pilot tempur jika bertemu dalam sebuah engagement  yang akan dipertahankannya adalah energi. Siapa pun yang memiliki energi dan dapat mengaturnya dengan baik maka dia akan mendapat keuntungan yang besar dalam pertempuran udara dimana energi relatif merupakan faktor penting demi mencapai kemenangan. Total energi kita ketahui terdiri dari dua komponen, diantaranya adalah: energi kinetik yang terbagi dalam massa serta kecepatan dan energi potensial dalam hal ini adalah ketinggian. Kapankah seorang pilot tempur akan menggunakan energi kinetik?, ketika dia memiliki kecepatan yang besar sehingga dengan posisi musuh yang jauh dapat dengan cepat segera mendekati musuh dalam jarak tembak. Namun, perlu diingat, ketika kecepatan tinggi, pesawat akan menghasilkan turning performance yang besar pula, hal ini dapat mengakibatkan pesawat musuh mudah berkelit dikarenakan radius belok yang kita miliki membesar seiring dengan kecepatan yang tinggi sehingga dalam kondisi demikian pilot akan merubah energi kinetiknya menjadi energi potensial dan memperkecil radius belok dengan cara climb up untuk mendapatkan ketinggian. Dengan tercapainya ketinggian maka kecepatan berkurang dan radius belok mengecil, pada akhirnya menjaga tail section musuh tetap berada pada posisi jarak pandang dan jarak tembak dapat diatasi dengan baik.

Pada intiya, energi adalah sebuah terminology yang sering digunakan pilot tempur untuk menggambarkan pentingnya hubungan antara airspeed, altitude dan fuel. Dari ketiganya, airspeed adalah yang paling penting, karena kecepatan adalah kunci utama dalam sebuah maneuver terbang, tanpa kecepatan maka pesawat dapat berakibat kehilangan gaya angkat (stall). Energi potensial pun juga tidak kalah penting, karena berguna untuk meng-konversikan kecepatan menjadi ketinggian jika dibutuhkan.

6 O’clock Dengan Kurva Pure Pursuit

Sedikit menampilkan pengetahuan yang bernilai umum namun tentunya menarik bagi pembaca non-aircrew untuk mengetahuinya. Berikut ini adalah gambar pola kurva pure pursuit dalam mempertahankan posisi 6’clock terhadap musuh. Six clock position  adalah suatu terminologi yang digunakan untuk mengatakan sebuah posisi kita sendiri berada dibelakang lawan sehingga jika dalam posisi ini sudah masuk jarak tembak maka bisa dikatakan sebagai sebuah kemenangan selama tembakan pilot tersebut valid shot. Sedangkan valid shot itu sendiri sangat bergantung kepada jarak tembak dan swicthology sebagai parameter yang harus dipenuhi agar tembakan mutlak menghancurkan lawan.

pursuit

Dari gambar diatas dapat dilihat suatu bentuk pure pursuit yang lazim digunakan penerbang tempur untuk menjaga posisi six clock agar tidak membuat kesalahan yang menyebabkan musuh dapat reverse posisinya. Terlihat dalam gambar bahwa posisi biru sedang berusaha memotong flight path milik defender (merah) dengan merubah sudut lead pursuit menjadi pure pursuit dan kemudian menrubah lagi mejadi lag pursuit seiring dengan upaya untuk mengurangi kecepatan mendekat sekaligus mengurangi aspect angle.

Dari tulisan diatas adalah sebagian kecil dari teknik-teknik paling dasar dalam pertempuran udara ke udara dalam jarak pendek. Walaupun saat ini teknologi semakin canggih dengan persenjataan yang lebih mutakhir dalam jarak sedang dan jauh, namun teknik dasar ini tetap menjadi pelajaran favorit sebagai senjata pamungkas jika pertempuran jarak dekat ini memang dibutuhkan.

“The highest energy state has the greatest opportunity to win”

To be Continued

Salam

SevenEleven

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s