Tiga Putra Indonesia

Tentang 20 Oktober yang datang seiring fajar terbit pagi hari ini. Dalam benak saya tentang negeri ini, bahwa hanya ada tiga orang putra bangsa yang telah benar-benar membuat perubahan positip untuk kemajuan bangsa.

Soekarno, siapa yang tidak kenal Putra Sang Fajar karena di atas telapak tangannya Allah memberi rahmat kemerdekaan Indonesia, memimpin selama kurang lebih dua dekade membuat Bangsaku disegani tetangga dan dihormati dunia. Pancasila tegak berdiri bukan dengan slogan minor dan mayor. Monas berlapis emas berdiri tegak di pusat kota pemerintahan negara, Istiqlal berdiri megah dan kekuatan negara setara dengan kekuatan dunia lainnya.

Soeharto, terkenal dengan sebutan bapak pembangunan Indonesia, Jenderal Besar berbintang lima yang mencanangkan program repelita yang begitu mempesona. Berkuasa lebih dari tiga dekade, membuat Indonesia menjadi NKRI yang sesungguhnya, tanpa ada disintegerasi dan persatuan yang terjamin oleh karena setiap rakyat dibuat paham tentang AGHT (ancaman, gangguan, tantangan dan hambatan) sesungguhnya.

Susilo Yudhoyono, kerap kali dipanggil dengan sebutan pak SBY, yang begitu mempesona adalah, kembali damainya Nangroe Aceh Darusalam ke dalam pelukan ibu pertiwi Indonesia bukan dengan senjata melainkan dengan strategi kekuatan lunak. Mengawali kepemimpinan dengan bencana besar Tsunami Aceh, sepuluh tahun dikelilingi berbagai dinamika bencana alam hingga rela dan ikhlas di “buli” rakyat sendiri walaupun sejatinya buli per buli tersebut kurang dijamin kebenarannya.

Ya, benar sekali, baru tiga sesungguhnya Presiden bangsa dan negara ini. Sedangkan sisanya hanya pelengkap ataupun pengisi di sela-sela “kebingunan” politik transisi orba kepada orde reformasi.

Al Fatihah untuk Sang Proklamator, juga untuk Bapak Pembangunan Indonesia.

Bismillah untuk bapak SBY, selamat kembali menjadi rakyat biasa, dan tinta emasmu telah tertoreh indah dalam ukiran kebangsaan Indonesia Raya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s