Peran Transportasi Udara Dalam Poros Maritim Nasional Indonesia

Dalam deklarasi Juanda yang menyatakan kepada dunia bahwa laut Indonesia adalah termasuk laut sekitar, di antara dan di dalam kepulauan Indonesia menjadi satu kesatuan wilayah NKRI. Sekaligus menjadikan Indonesia menjadi sebuah Negara Kepulauan dimana dari setiap pulau-pulau tersebut dikelilingi oleh laut yang begitu luas.

Bentuk Negara Kepulauan bagi Indonesia, sejatinya tidak terlepas oleh sebuah konsep kemaritiman dimana wilayah nusantara beberapa kali mencapai puncak kejayaan pada masa Kerajaan Sriwijaya hingga Majapahit dengan konsep kemaritiman. Wilayah Indonesia yang terdiri dari 2/3 lautan dimana 1/3 tersebut sebagai daratan, namun wilayah udara adalah 3/3 bagian dari seluruh wilayah Nasional tak terbatas hingga vertikal keatas.

Pesawat udara baru saja eksis sejak “Wright” bersaudara mewujudkan ide brilian mereka menjadi kenyataan dengan sebuah benda bergerak memiliki sayap dan bisa melayang di udara selama 10 detik. Sehingga teknologi menjadi terus berkembang dan terciptalah pesawat udara hingga saat ini.

Sebelum awal abad ke 20, semua transportasi hingga ekspansi menggunakan kapal laut untuk menghubungkan jarak yang memisahkan pulau-pulau di dunia. Kemajuan teknologi menuntut manusia untuk selalu ingin lebih cepat dan efisien sehingga pesawat udara yang tercipta bisa membantu peran transportasi antar pulau-pulau hingga antar benua dengan waktu relatif lebih singkat dan memiliki efisiensi tinggi.

Bisa dibayangkan, untuk zaman modern saat ini, ketika barang dari Jakarta maupun Surabaya dikirim ke Irian Jaya dan transit di kota Jayapura, Nabire dan Merauke. Untuk membawanya ke pegunungan tengah satu-satunya transportasi yang tepat hanyalah pesawat udara perintis dan helikopter yang memiliki kemampuan mendarat pada medan berat dan landasan yang relatif pendek.

Transportasi udara kian penting perannya dalam menghubungkan pulau-pulau yang ada di Indonesia demi terwujudnya pemerataan pembangunan serta memfasilitasi segala kebutuhan hidup hingga juga menjadi aset pariwisata kebudayaan sebagai salah satu fasilitas pengiriman kerajinan-kerajinan berbudaya dari timur Indonesia menuju pusat Nasional Indonesia.

Melakukan penerbangan pada media udara yang penuh dengan terrain tentunya bukan perkara yang mudah, sehingga membutuhkan beberapa peralatan pendukung dengan teknologi terkini seperti Performance Base Navigation (PBN). PBN adalah sebuah teknologi baru untuk aireal navigation dimana teknologi berbasis ABAS (Aircraft Based Augmentation System) dan GNSS (Global Navigation Satellite System)

Dengan teknologi PBN, dimana sebelumnya sangat sulit untuk memasang alat pemandu pendaratan di daerah remote dengan kontur pegunungan maupun bagi helikopter yang melakukan pendaratan di kilang-kilang minyak di tengah laut dimana bagaikan mencari jarum dalam pasir untuk menemukan kilang di tengah-tengah lautan lepas yang luas maka akan sangat berperan penting teknologi PBN tersebut dalam mendukung peran transportasi udara di sebuah Negara seperti Indonesia dengan program poros maritim.

Demikian peran sesungguhnya dari dunia penerbangan perintis dan helikopter dalam program “poros maritim” pemerintah yang sedang dijalankan saat ini, dimana “tol laut” tidak akan pernah sampai ke tujuan di Pegunungan tengah Papua tanpa adanya peran penerbangan perintis dan helikopter Nasional dengan dukungan fasilitas Performance Base Navigation.

Berikut adalah files dari hasil Seminar yang telah dilaksanakan,

Silahkan didownload dan Selamat membaca,

tor-final-edited

presentasi-chappy-hakim-indodefence-3-november-2016

presentation-r80-airtec-2016-ver-1-0-copy

ilham-habibie

runway-excursion-knkt-03112016

presentation-capt-sigit-latest

seminar-poros-maritim-nasional-indonesia-bpk-joko

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s