Hai, Borneo! Samar-Samar Tertutup Asap!!!

Dari mata turun ke hati, melalui sumsum tulang belakang memerintahkan otak untuk jemari menari di atas papan kunci (keyboard).

Demikian ketika seorang pemandu terbang menulis dari hati dari apa yang dilihat sehari-hari. Terbang di area kalimantan barat melalui rute Ketapang-Sintang-Ketapang maupun rute serupa dengan tujuan Nangapinoh. Keduanya adalah sebuah daerah di bawah administrasi kabupaten Melawi di Kalimantan barat.

Kabupaten yang dari arah utara berbatasan dengan Malaysia di Utara Borneo ini terlihat dari atas sangat banyak ditanami kelapa sawit selain daripada hutan bebas lainnya. Kalimantan dengan icon “heart of earth” sebuah jantungnya bumi karena terdapat hutan tropis yang begitu beragam dengan satwa khas nusantara.

Sangat disayangkan dalam setiap tahun selalu saja mengalami kebakaran hutan yang tidak semestinya. Lahan gambut bukan sebuah alasan, karena tidak pernah ada asap jika api tidak tersulut. Pembukaan lahan untuk produksi kelapa sawit mungkin juga sebagai salah satu andalan daerah untuk menyumbang devisa bagi negara Indonesia, namun melakukan kebaikan seyogyanya harus dengan kebaikan.

asap-1

Pastinya, dengan membakar lahan untuk membuka lahan adalah jauh lebih hemat dan cepat waktu daripada menggunakan alat berat eskavator atau pun sejenisnya. Namun, banyak sekali efek negatif dari upaya kurang terpuji tersebut dimana asap kebakaran hutan yang terlapisi oleh lahan gambut sangat susah dikendalikan dan mengganggu keselamatan kerja di dunia transportasi udara.

Hal tersebut tentunya kurang baik dan tidak sejalan dengan program poros maritim nasional dimana pesawat udara adalah salah satu komponen penting perhubungan daerah-daerah terpencil termasuk Kalimantan. Sejatinya, pesawat udara akan menghubungkan setiap remote area yang ada di pulau Kalimantan, namun kadang terkendala oleh jarak pandang yang pendek disebabkan oleh asap kebakaran hutan.

Bandara-bandara yang mendukung penerbangan perintis sampai saat ini masih terbatas oleh peralatan navigasi, sehingga dalam setiap operasi penerbangan, setiap pesawat wajib mematuhi peraturan penerbangan Visual Meteorogical Condition (VMC). Ketika “musim” asap datang beberapa kali terjadi jarak pandang tidak lebih dari 50 meter, padahal peraturan mengatakan minimal jarak pandang agar penerbangan aman adalah 5000 meter.

asap-2

Efek domino dari pemikiran singkat pembukaan lahan dengan membakar hutan ternyata dapat menyebabkan lumpuhnya operasional dunia penerbangan. Satu sisi demi meraup untung besar dengan sedikit modal telah menyebabkan kebakaran hutan dan di sisi lainnya akan banyak kerugian perputaran ekonomi daerah dimana sangat bergantung pada transportasi udara.

Berbisnis untuk negeri dengan hati, bukan sekedar menyerap materi tanpa berfikir efek terhadap sisi dari bagian perekonomian lainnya. Ketika hutan terbakar, bukan saja produksi oksigen dunia berkurang, namun juga telah memproduksi jutaan carbon berserta gas berbahaya lainnya.

Bencana telah menjadi musim, dalam arti, dulu kejadian kebakaran hutan adalah sebuah bencana alam, namun saat ini bagaikan sebuah musim yang pasti datang silih berganti sesuai kebutuhan para perusak bumi, karena hampir setiap tahun kebakaran hutan ini terjadi.

asap-3

Bekerja dengan hati untuk sebuah negeri yang indah namun di olah tanpa pengejawantahan isi hati manusia-manusianya. Semoga kedepannya akan dapat lebih baik dengan tetap produksi demi perekonomian Negara namun tanpa melakukan perusakan masiv destruktif dan Kalimantan mendapatkan kembali udara segarnya sehingga penerbangan visual di dunia penerbangan perintis dapat terus melaksanakan operasionalnya dengan lancar dan aman.

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s