Pilot Indonesia Menuju 72 Tahun Merdeka

FB_IMG_1502180985081

Peran pilot dalam pembangunan nasional poros maritim Indonesia tentunya sangatlah besar. Negara Kepulauan dengan panjang pantai 99000 kilometer dengan 17500 pulau yang terpisah-pisah oleh banyak perairan, transportasi udara menjadi salah satu komponen utama dalam perekonomian negara dan suplai barang dari Indonesia barat ke timur atau sebaliknya. Keunggulan transportasi udara menjadikan segala kebutuhan ekonomi semakin efektif, efisien, cepat dan tepat waktu.

Menuju perayaan kemerdekaan Indonesia yang ke 72, permasalahan Pilot Indonesia masih tetap sama dalam lima tahun terakhir, yakni masalah suplly and demand yang kurang ter-rasio dengan tepat dimana permintaan akan kebutuhan pilot real dari maskapai lebih kecil daripada jumlah lulusan pilot dengan maraknya sekolah pilot di Indonesia.

Sekolah, adalah salah satu ciri sebuah peradaban pada suatu negara. Keberadaan Sekolah adalah wajib sebagai bagian penting dari pembentukan mental dan pengetahuan generasi penerus bangsa. Demikian halnya dengan Sekolah Pilot, dimana Sekolah Pilot adalah wadah yang baik untuk mencetak generasi pilot Indonesia dimasa yang akan datang.

Akan tetapi, dengan kondisi saat ini, telah terdapat lebih dari 800 lulusan pilot yang belum mendapatkan kesempatan bekerja (data tahun 2016). Bertambahnya waktu, lambat laun jumlah pengangguran ini akan terus bertambah karena pada sisi lain, sekolah pilot juga sebuah bisnis yang menjanjikan dan tidak mungkin ditutup ijin operasionalnya.

Menutup sekolah pilot, adalah solusi yang tidak bijak, namun terus membiarkan sekolah pilot rendah kualitas terus beroperasi justru akan semakin menambah pengangguran. Sekolah dengan kualitas rendah yang dimaksud adalah, ketika suatu sekolah pilot hanya berorientasi bisnis untuk mengejar pengembalian modal investasi tanpa mempertimbangkan hasil output.

Kualitas rendah sekolah tersebut akan menghasilkan lulusan sebagai pilot berkualitas rendah yang sama sekali tidak dibutuhkan oleh maskapai dalam operasional penerbangannya. Perlu adanya audit menyeluruh pada sekolah-sekolah yang rendah kualitas dan melakukan merger diantaranya sehingga dengan permodalan yang lebih sehat maka akan menambah kualitas pendidikan yang diberikan.

Beberapa instansi sipil maupun pemerintah ada yang membuat program master degree untuk pilot, namun sejatinya lulusan Sekolah Pilot hanya setingkat diploma  dan entah bagaimana mereka bisa sekolah hingga strata master namun tingkatan yang mereka miliki terbatas pada diploma 2.

Dunia penerbangan umum atau sering didengar dengan sebutan General Aviation yang paling dominan dengan penerbangan perintis maupun charter cargo hingga tahun ini juga masih dominan oleh pekerja asing. Pilot-pilot asing tersebut biasanya hanya mengambil pengalaman dan jam terbang untuk memenuhi requirement bekerja di daerah asalnya seperti Asutralia dan beberapa negara Eropa. Ekspatriat tersebut terus silih berganti dan pilot-pilot muda Indonesia hanya menanti.

Diakhir tulisan, Pilot Indonesia belum memiliki sebuah wadah bersama yang peduli, efektif dan konsisten serta diakui legal aspeknya oleh pemerintah untuk menaungi segala profesi pilot. Ada organisasi pilot yang terakhir diakui sesuai oleh Keputusan Menteri pada saat orde baru namun telah ditinggalkan oleh anggotanya, adapun reformasi terhadap organisasi  tersebut dalam bentuk yang baru juga masih belum efektif dan efisien untuk melakukan sebuah program nyata dengan kinerja yang nyata pula. But, The Pilots must Go On!!! Jayalah selalu Tanah, Air dan Udara Indonesia!!!

Salam Penerbangan Indonesia

Teddy Hambrata Azmir

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s