Undang-Undang Penerbangan Indonesia: Sebagai Legacy Sebuah Pemerintahan

Jatidiri akan berawal dari sebuah definisi, dimana definisi yang akan mengokohkan posisi dan menjelaskan peran serta fungsi keberadaan sebuah profesi. Dalam Undang-Undang Penerbangan No. 1 Tahun 2009 ternyata belum tertulis definisi penerbang. Dalam pasal 1 ayat 11 hanya menjelaskan definisi Kapten Penerbang. Sedangkan Kapten Penerbang sejatinya bagian dari defisnisi Penerbang yang terdiri dari Kapten Penerbang (Captain Pilot) dan Asisten Kapten Penerbang (Co-Pilot). 

Sehingga Penerbang adalah profesi inti dari sebuah bisnis penerbangan (core bussiness), terdiri dari Kapten Penerbang (Captain Pilot) dan Asisten Kapten Penerbang (Co-pilot) yang memiliki tugas dan tanggung jawab membawa penerbangan dengan jaminan kualitas dan keselamatan penerbangan selama pengoperasian pesawat udara sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Penerbang dalam dunia penerbangan sipil yang selama ini dianggap sebagai rakyat terlatih dan komponen cadangan negara pun harus diubah di era supremasi sipil yang terjadi di Indonesia saat ini. Karena bentuk negara Indonesia yang terdiri dari belasan ribu pulau, sehingga peran transportasi udara sangat besar sebagai komponen strategis bangsa. Sehingga penerbang adalah profesi yang wajib ditingkatkan sebagai Komponen Utama Ketahanan Ekonomi Negara Indonesia.

            Pembinaan penerbang agar menciptakan penerbang-penerbang yang handal sebagai komponen utama ketahanan ekonomi harus meliputi:

  1. Pembinaan personel penerbangan pada tingkat regulator untuk menciptakan regulator yang bersih, taat dan berpengetahuan tinggi, memiliki leadership manajerial yang baik, fokus pada rangkaian regulasi. 
  2. Pembinaan personel penerbangan pada tingkat operator untuk menciptakan operator yang profesional dan memahami Quality Excellence adalah adalah sebuah tujuan bagi operator. Yang dimaksud dengan Quality Excellence adalah (Good operations + 100% Safety/Security = QUALITY EXCELLENCE). Quality Excellenceadalah sebuah tujuan bagi operator yang harus dicapai, bukan semata hanya mengejar revenue dari operasional dan safety/security yang tidak tegas fungsinya.
  3. Membentuk Majelis Penerbangan, sejatinya pola pembinaan tertinggi untuk dunia penerbangan Indonesia sesuai amanah Undang-Undang No. 1/2009 pasal 364. Di dunia internasional mungkin saja belum ada majelis serupa yang dimaksud, namun, dalam ke-khususan bentuk negara kepulauan terbesar di dunia dimana trasnportasi udara adalah komponen strategis bangsa serta pilot Indonesia sebagai komponen utama di dalamnya ditambah dengan era pandemi saat ini, dirasa perlu bagi pemerintah untuk mewujudkan amanah pasal 364 Undang-Undang Penerbangan untuk membentuk Majelis Penerbangan Indonesia sebagai sebuah legacy sebelum bergantinya kepemimpinan tiga tahun kedepan.

Majelis Penerbangan Indonesia akan membela dan meluruskan hak asasi manusia dimana dalam sebuah kecelakaan pesawat terbang, pada dasarnya tidak ada satupun manusia yang ingin terjadinya kecelakaan dan jika pun terjadi sudah pasti manusia akan berusaha survive menyelamatkan penumpang dan pesawatnya dan pilot adalah manusia.

Untuk memperkecil grafik kecelakaan transportasi udara, perlu ada induk pembinaan aircrew dan Mejelispenerbangan Indonesia yang akan berdiri sebagai induk pembina sehingga ego sektoral masing-masing maskapai dan almamater bisa dieliminir. Sebagaimana diamanahkan dalam pasal 365 ayat 1 “Menegakkan etika profesi dan kompetensi personel di bidang penerbangan”

            Majelis Penerbangan Indonesia jika sudah terbentuk nanti, harus menjadi lembaga yang independen dan diawaki oleh personel non operator dan non regulator. Diharapkan nantinya berada langsung di bawah Presiden karena ke-khususan kepentingan negara pada transportasi udara sebagai komponen strategis negara demi mempertahankan Ketahanan Ekonomi negara.

Majelis Penerbangan Indonesia adalah amanah Undang-Undang Penerbangan Indonesia yang harus tercipta demi terwujudnya paradigma baru dalam dunia penerbangan Indonesia. Majelis Penerbangan Indonesia akan menjadi sebuah legacy bagi kabinet Indonesia Maju.

Salam Sehat, dengan Akal Pikiran dan Hati Nurani !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s